Persiapan Pernikahan Dini Hari Agar Tidak Repot

Persiapan Pernikahan Dini Hari Agar Tidak Repot – Persoalan dalam persiapan nikah yang ribetnya nggak ketulungan pastinya sudah sering kamu dengar dari mulut ke mulut baik itu dari temanmu yang sudah menikah ataupun dari para ibu-ibu yang suka gosip.

Rasa pusing dan juga lelah dalam mempersiapkan itu semua pun sudah mulai bisa kamu bayangkan. Apalagi kalau kamu yang menginginkan acara pernikahanmu ini istimewa, unik dan bisa jadi kenangan untuk kalian maupun juga orang-orang terdekatmu.

Mempersiapkan segala keperluan pernikahan dengan dadakan justru membuatmu kewalahan, bahkan bisa stress akibat waktu yang kurang dan juga dana yang tidak mencukupi. Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu melakukan persiapan dari jauh-jauh hari bahkan sebelum hari pernikahannya sendiri ditetapkan. Dan apa saja yang perlu kalian cicil dari sekarang untuk mempersiapkannya ? Yuk, langsung intip artikel persiapan pernikahan dini hari kali ini, demi kelancaran yang tidak membuat kalian menjadi repot dan pusing.

Apa Saja Persiapan Pernikahan Dini Hari ?

1. Menyiapkan Konsep Model Baju Untuk Pernikahan

Mempersiapkan konsep model baju juga hal yang penting yang harus diperhatikan. Pernikahan jaman sekarang sudah banyak disediakan model seragam dan juga baju yang beragam. Namun, untuk yang masih pekat dengan adat dan kepercayaan pastinya tetap memilih kebaya.

Walaupun beragam jenis model baju pernikahan yang ada, tidak membuat pernikahan kamu menjadi tidak sah. Baju atau seragam ini bisa kalian pilih mau di sewa atau mau di buat custom.

Untuk yang menyewa, kalian bisa mencoba untuk mulai mencari dan melihat tempat – tempat rekomendasi yang terjamin kualitas dan terpercaya.

Apabila kalian ingin membuat custom baju pernikahan, maka kalian harus sudah mulai menyicil bahan – bahan dan membuat konsep / desain yang diinginkan. Bahan – bahan ini bisa dibeli sekarang untuk disimpan sampai kapanpun karena tidak perlu khawatir akan rusak.

2. Tempat Resepsi Pernikahan

Tempat atau resepsi pernikahan jaman sekarang biasanya diadakan di gedung-gedung. Namun, tidak ada salahnya apabila kalian membuat atau mengadakan pesta pernikahan di halaman rumah sendiri tergantung dengan keputusan anda dan keluarga anda.

Untuk yang ingin membuat pesta pernikahan di gedung, harus mulai mencari dan merencanakan biaya yang diperlukan agar tidak kerepotan. Sedangkan untuk yang membuat di halaman rumah sendiri harus mempersiapkan tenda, dan juga dekorasi pernak – pernik / hiasan yang akan dipasangkan di tenda biru nantinya.

3. Souvenir Tamu Undangan

Hal yang tak kalah penting dari semua itu adalah souvenir yang diberikan kepada para tamu undangan. Banyak yang menganggap remeh souvenir pernikahan sehingga mendekati hari H baru mau mempersiapkan souvenir.

Pemilihan souvenir ini tidak bisa sembarangan karena ini akan menjadi salah satu kenangan para tamu undangan yang hadir. Untuk itu, usahakan untuk memberikan souvenir yang spesial. Untuk contoh souvenir yang ada bisa dilihat pada blog souvenir unik terjangkau.

4. Mengunjungi Vendor Katering

Sajian yang akan dihidangkan untuk para tamu undangan harusnya sudah dipilih sesuai dengan tema yang akan diadakan nantinya. Jika kamu mempunyai waktu senggap di akhir pekan, bisa mencoba untuk mengunjungi vendor – vendor yang ada disekitar kamu dan sekaligus mencoba makanan gratis yang cocok sesuai dengan selera kamu serta tema pernikahan.

Setelah dirasa pas dilidah dan tema pernikahana yang sesuai, maka sudah bisa menanyakan berapa harga dan juga menyiapkan dana sesuai dengan perkiraan berapa jumlah tamu undangan yang akan diundang pada hari pernikahan.

Untuk urusan jumlahnya, harusnya kamu tidak mempersiapkan makanan yang pas agar tidak kehabisan saat tamu undangan membawa teman atau kerabatnya datang berkunjung. Jika kehabisan makanan saat para tamu undangan masih berdatangan tentunya kamu akan malu dan juga merasa panik. Jadi untuk para calon nantinya, usahakan memesan lebih agar sisanya bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan nantinya.

5. Perkirakan Tamu Undangan

Untuk urusan tamu undangan ini memang biasanya diundang seluruh warga yang ada disekitar rumah. Bahkan juga tidak ketinggalan saudara dan kerabat jauh yang akan datang menghadiri pernikahan kalian. Menentukan dan memperkirakan tamu undangan yang akan hadir lebih penting dari semuanya.

Tamu undangan yang akan diundang ini juga mempengaruhi gedung tempat pernikahan / pekarangan rumah dan juga jumlah kursi yang akan disewa atau dibeli. Selain itu, juga mempengaruhi souvenir pernikahan yang akan dibeli. Makanan yang akan disajikan juga dipengaruhi sehingga perkiraan tamu undangan perlu diperkirakan sedini mungkin.

6. Pengetahuan Administrasi KUA

Sebelum kalian terdaftar di KUA, pastinya banyak surat – surat dan administrasi yang dibutuhkan agar kalian menjadi sah di mata hukum. Namun tidak perlu pusing untuk surat – surat yang dibutuhkan, kami akan memberitahukan beberapa surat yang diperlukan.

Dokumen pelengkap yang diperlukan adalah fotokopi ktp, kartu keluarga, ijazah, pas foto, dan materai. Namun yang tak kalah penting adalah harus memiliki surat pengantar dari RT/RW.

Setelah itu, kalian bisa mengurus surat N1,2,4 dan juga surat keterangan belum menikah. Setelah semua surat / dokumen disediakan baru bisa mendaftarkan diri di KUA.

Kalau sudah tahu dokumen yang diperlukan pastinya kamu tidak perlu lagi repot – repot mencari dan menyediakan surat – surat yang dibutuhkan.

7. Persiapan Matang Membangun Keluarga

Menggelar pesta pernikahan bukanlah salah satu akhir dari semuanya. Setelah menikah, pastinya kamu akan diberikan lagi beban berat yang harus kalian jalani berdua. Tentunya hal ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri apabila kalian bisa membangun keluarga yang sakinah dan mawaddah, rukun dan bahagia.

Jadi guys, untuk yang belum memiliki calon harus segera mencari dan melakukan persiapan manakala dirimu harus tiba – tiba melakukan pernikahan.

Untuk yang sudah memiliki calon, sudah bisa mempersiapkan diri ya.. Karena semua dimulai dari persiapan kedua calon.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *